Digital Marketing

Maksimalkan Fitur Instagram agar Engagement Meningkat!

fitur instagram

Daftar Isi

Engagement adalah kunci terpenting dalam performa akun Instagram. Engagement mengukur sejauh mana audience ingin berinteraksi dengan konten-kontenmu. Apakah hanya sebatas likes? Comments? Atau bahkan hingga share ke story pribadinya?

Saat ini, Instagram menyediakan beberapa fitur yang bisa meningkatkan engagement. Mulai dari sticker, kolaborasi dengan akun lain, hingga hashtag. Dengan memaksimalkan fitur-fitur yang telah teruji di bawah ini, siap-siap engagement kamu akan meroket!

  1. Gunakan stiker untuk berinteraksi dengan audience
  2. Buat meme yang relatable
  3. Buat konten yang shareable
  4. Buat konten informatif menggunakan carousel
  5. Sisipkan Call-to-actions
  6. Jadilah dirimu sendiri melalui stories
  7. Adakan Giveaway
  8. Kolaborasi melalui Reels
  9. Gunakan sticker “Add Yours”
  10. Post saat engagement sedang meningkat
  11. Gunakan hashtag yang relevan

 

#1: Gunakan Sticker pada Story untuk Interaksi dengan Audience

Sticker pada Stories dapat membantu membangun loyalitas audience. Bentuknya bermacam-macam, seperti Polls, Questions, dan Quiz.

stiker story instagram

Salah satu sticker yang paling interaktif adalah sticker Question. Melalui fitur Question, kamu dapat berinteraksi secara langsung dengan followers. Pancing mereka untuk bertanya, seperti sesi AMA (Ask Me Anything/Tanyakan Apa Saja)

stiker story instagram

Jika sudah ada audience yang bertanya, jangan lupa untuk membagikan jawaban kamu di Stories. Setiap follower yang berinteraksi dengan sticker akan terhitung sebagai engagement lho!

 

#2: Buat dan Bagikan Meme yang Relatable

Meme adalah kunci untuk menarik hati audience. Lucu, kreatif, dapat dirasakan banyak orang. Dan tahun 2023 adalah momennya.

Dengan meme yang tepat, audience akan menyukai, berkomentar, dan membagikan konten kamu, apapun niche atau bidang yang kamu geluti.

Contohnya, kamu bisa gunakan foto populer yang berhubungan dengan content pillar-mu, seperti Melanie Laurene:

meme instagram

https://www.instagram.com/p/CWcG54JpOxj/?utm_source=ig_web_copy_link

Atau gunakan source on-brand user-generated content (UCG), yaitu konten yang diolah dari user lain dengan mencantumkan credit seperti yang dibuat oleh Later:

meme instagram

https://www.instagram.com/p/CUQaKZNMzo1/?utm_source=ig_web_copy_link

Jika ada yang me-repost konten meme-mu di Instagram Story mereka, atau mengirimkannya ke teman mereka, maka kontenmu semakin banyak dibagikan. Artinya, engagement-mu akan semakin meningkat.

 

#3: Buat Konten Grafis yang Shareable

Quotes, grafis, dan tweet banyak ditemukan di Instagram, dan sangat menarik untuk meningkatkan engagement.

konten grafis instagram

Pengguna Instagram suka membagikan quotes di story mereka, apa lagi jika quotes itu menginspirasi dan estetik secara visual.

Trend terbaru saat ini adalah me-repost tweet untuk tujuan tertentu dalam bentuk konten feed, dan itu sangat menarik karena tweet-tweet tersebut cukup populer di Twitter sendiri.

Cukup ambil screenshot dari tweet pilihanmu dan gunakan gambar background yang menarik dengan aplikasi seperti PicsArt. Meskipun bukan desainer, kamu pasti paham cara membuatnya!

 

#4: Bagikan Informasi yang Bermanfaat melalui Konten Carousel

Konten carousel dapat sangat mendongkrak engagement. Dengan carousel, kamu bisa post hingga 10 gambar, video, dan gambar tulisan, dalam 1 konten.

carousel instagram

https://www.instagram.com/p/CmCCnCKOrDA/?utm_source=ig_web_copy_link

Setiap slide-nya sangat mempengaruhi peluangmu untuk meningkatkan engagement. Pokoknya, 10 in 1 banget deh.

 

#5: Gunakan Call-to-actions di Caption

Call to actions (CTA) bisa berbentuk ajakan atau pertanyaan langsung, dan kamu bisa menyisipkannya di ujung caption.

caption instagram

Gunakan kreatifitasmu untuk membuat CTA. Kamu bisa menanyakan pendapat, rekomendasi (restoran, tempat liburan, buku), atau jenis konten seperti apa yang audience inginkan dari kamu.

Cara lain untuk meningkatkan engagement melalui CTA adalah dengan mengajak audience untuk meng-klik tautan di bio, menggunakan tool seperti Linkin.bio. Dengan Linkin.bio, kamu bisa membuat feed Instagram yang bisa diklik.

caption instagram

Ketika audience meng-klik link di bio-mu, mereka bisa meng-klik konten manapun dan langsung diarahkan langsung kepada link yang telah kamu sematkan. Ini sangat cocok untuk launching produk, konten blog, channel YouTube, dan masih banyak lagi!

 

#6: Jadilah Diri Sendiri di Instagram Story

Story adalah format yang paling cocok untuk berinteraksi secara langsung dan informal dengan audience. Bagikan cerita-cerita personalmu yang menarik, tanyakan audience pertanyaan, dan perlihatkan wajahmu!

Podcaster dan influencer terkenal, Alexandra Nikolajev, sering berinteraksi dengan komunitasnya melalui story.

persona instagram

Kamu juga bisa bagikan tips-tips behind-the-scene dalam pembuatan konten-kontenmu, seperti yang dilakukan Later:

persona instagram

Bahkan sebagai brand, sangat penting lho untuk menunjukkan wajah pada audience walau hanya sesekali. Followers-mu ingin melihat brand-mu lebih dari sekedar logo.

 

#7: Adakan Giveaway yang Menarik

Siapa sih, yang tidak suka gratisan?

Tentu semua orang suka gratisan, oleh karena itu cocok banget kalau kamu mengadakan giveaway sebagai strategi meningkatkan engagement Instagram. Tapi di tahun 2023 ini, giveaway harus lebih dari sekedar giveaway. Usahakan giveaway-mu menarik, sesuai interest followers-mu, dan autentik atau sesuai dengan value brand-mu.

giveaway instagram

https://www.instagram.com/p/CMKhb8gnxtp/?utm_source=ig_web_copy_link

Tips: Format syarat giveaway seperti tag, gollow, dan share adalah cara yang paling jelas dan to the point untuk meningkatkan engagement dalam satu konten.

 

#8: Kolaborasi di Instagram Reels

Instagram Collabs adalah cara baru untuk meningkatkan engagement Instagram. Dengan fitur ini, kamu bisa mengundang seseorang untuk berkolaborasi di konten Feed maupun Reel, sehingga mereka bisa bagikan kontenmu dengan followers-nya juga.

instagram reels

https://www.instagram.com/reel/CWpHPKfpfEw/?utm_source=ig_web_copy_link

Jadi, kamu bisa menjadi co-author dari konten milik akun lain, dan konten tersebut akan muncul di profilmu dan profil akun yang kamu ajak berkolaborasi. Dengan begini, kamu bisa berbagi views, likes, dan komentar, jadi peluang untuk meningkatkan dan berinteraksi dengan followers masing-masing.

 

#9: Gunakan Sticker “Add Yours” untuk Menginspirasi Audience

Dengan sticker “Add Yours”, kamu akan lebih mudah mengikuti challenge-challenge yang sedang viral dengan audience. Kamu bisa mulai dengan “Share foto masa kecilmu”, atau jika kamu memiliki brand skincare, coba ajak audience-mu untuk membagikan morning routine mereka. Jika kamu fotografer, mungkin kamu bisa minta audience untuk share foto favorit mereka.

add yours instagram

Kamu punya sejuta cara untuk berinteraksi dengan audience-mu. Bahkan kamu bisa menjangkau ratusan akun baru hanya dengan satu fitur sticker ini saja. Engagement mu pasti meningkat pesat!

 

#10: Post Ketika Engagement sedang Memuncak

Sebagai brand, kamu harus tahu waktu yang paling efektif untuk post konten. Analisis performa konten-kontenmu dan lihat jam dan hari apa audience-mu paling aktif di Instagram. Setiap brand memiliki prime time yang berbeda-beda. Jangan lupa untuk sesuaikan kontennya; konten yang paling menarik untuk waktu-waktu yang terbaik.

 

#11: Gunakan Hashtag yang Relevan

Hashtag adalah cara menjangkau akun yang luar biasa, karena dapat sekaligus meningkatkan engagement. \

Dalam riset yang dilakukan Later, hasilnya menunjukkan bahwa konten yang menggunakan 30 hashtag menghasilkan engagement yang tinggi. 

hashtag instagram

Kuncinya? Pastikan hashtag-mu menarik bagi komunitas dari niche tertentu yang berhubungan dengan kontenmu. Kamu juga bisa gunakan tools seperti Inflact.com untuk memilih hashtag yang sesuai.

Baca juga : Apa Itu Digital Marketing? Berikut Pengertian, Jenis, dan Kelebihannya

 

Sumber: How to Increase Instagram Engagement in 2023

https://later.com/blog/how-to-increase-instagram-engagement/

Bagikan